Tujuh Dampak Buruk Menggunakan Kipas Angin Berlebihan

Tujuh Dampak Buruk Menggunakan Kipas Angin Berlebihan

Tahukah Anda kipas angin itu mempunyai dampak negative pada kesehatan? Bahkan dampak ini bisa kategori besar ketika Anda berlarut larut dalam kebiasaan dan tidak segera berobat ketika mengalami gejala gejala yang ringan. Apalagi ketika kipasangin digunakan pada sepanjang malam.

Kipas angin itu pada dasarnya dibagi menjadi dua yaitu kipas angin tradisional dan kipas angina modern. Kipas angina tradisional itu seperti souvenir souvenir kipas yang digerakkan secara manual. Kipas angina modern kipas yang memakai listrik inilah kipas yang berbahaya ketika Anda menggunakan sepanjang malam pada saat tidur. Apalagi jika Anda berada pada ruang yang tertutup tidak ada fentilasi pada kamar Anda.

Biasanya ini terjadi pada anak pesantren, kamar kamar yang disetting susun tidak ada fentilasi yang cukup maka udara dikamar seperti ini tidak bisa bergantian. Pada akhirnya menyebabkan dampak negative pada kesehatan tambah lagi apabila kipas yang digunakan kotor atau jarang dibersihkan.
Berikut ini kami akan coba memaparkan beberapa penyakit yang disebabkan kipas angin yang tidak dapat mengontrol dalam penggunaan:

1.Penyakit Bell Palsy
Penyakit Bell Palsy adalah penyakit kelumpuhan yang terjadi pada wajah. Kelumpuhan yang dimaksudkan disini itu seperti pada wajah susah tersenyum, tertawa bahkan dapat dimungkinkan ada pembengkakan pada daerah wajah tertentu. Hal ini disebabkan karena kondisi syaraf yang ada pada wajah menegang dikarenakan ia mengunakan kipas angina secara terus menerus.

2.Hidrasi
Hidrasi adalah kondisi ketika tubuh kita kekeurangan air, sebagaimana yang telah diungkapkan Dr. Wendra Ali seorang ahli syaraf, dia mengatakan ketika tubuh kita berlarut-larut berada diruang yang dingin maka membuat tubuh kita kekurangan air. Kondisi seperti ini tentunya sangat berbahaya, padahal kita tahu bahwa 70% dari tubuh kita membutuhkan air yang cukup, ketika air tidak tersedia pada tubuh kita ini akan membahayakan bagi fungsi organ-organ yang lain.

3.Infeksi Saluran Pernafasan
Perlu Anda ketahui bahwa kipas angina ini hanya berfungsi untuk penggerak dan menghasilkan angina. Kipas angina tidak dapat menyaring bersih atau kotornya udara, setiap angina yang Anda hirup itu memiliki potensi kotor, bahkan virus. Hal ini aakan lebih bahaya lagi jika Anda menggunakan kipas angina pada malam hari suasana kamar Anda kotor berdebu sedang kipas angina menyala sepanjang hari mengenai tubuh Anda. Hal ini bisa menyebabkan infeksi saluran pernafasan seperti asma. Atau bisa juga pilek/hidung tersumbat yang tak kunjung sembuh.

Tujuh Dampak Buruk Menggunakan Kipas Angin Berlebihan

4.Otot kaku dan nyeri
Dampak negative berikutnya yakni otot  kaku dan nyeri jika Anda terlalu lama menggunakan kipas angina. Hal ini disebabkan karena suhu dingin dapat menurunkan produksi cairan lubrikasi yang menguatkan pada otot Manusia, tidak heran jika Anda bangun tidur tubuh Anda terasa pegal-pegal semua.

5.Suhu tubuh menurun
Untuk menjaga kesehatan kita memerlukan menjaga suhu badan kita, upaya untuk mengatur suhu tubuh adalah dengan mengeluarkan keringat. Normalnya ketika kita tidur itu mengeluarkan keringat akan tetapi berbeda halnya jika Anda menggunakan kipas angin. Ketika tidur Anda tidak akan mengeluarkan kipas angina karena angina yang dihasilkan mengecilkan pori-pori dan mengeringkan kulit, dampaknya suhu tubuh Anda tidak seimbang sehingga Anda mudah terkena sakit. Seperti panas, influenza jika imun Anda tidak kuat.

6.Mudah terkena sakit
Kondisi badan yang mudah sakit ini disebabkan karena metabolism tubuh tidak berjalan dengan baik, hal ini dikarenakan sel sel imun tidak dapat beraktifitas dengan baik karena tubuh Anda tidak mengeluarkan keringat. Mengeluarkan keringat inilah baik dihasilkan dari olahraga atau aktifitas apapun dirumah dapat membuat sel sel imun Anda gesit dalam beraktifitas. Tidak heran jika Anda jarang mengeluarkan keringat penyakit atau virus akan mudah masuk pada tubuh Anda.

7.Resiko kematian
Kemungkinan terburuk yang dapat terjadi dari bahaya kipas angina yang digunakan diruang yang tertutup, ventilasi udara yang buruk, pasokan oksigen dari luar sangat terbatas, udara yang dihirup adalah udara kotor yang tak pernah bergantian. Ketika kita terdapat pada ruang yang tertutup maka kita akan menghirup karbon dioksida yang dapat merusak oragan pernafasan kita. Kemungkinan yang terburuk adalah kematian jika Anda terlalu lama menghirup karbondioksida.

Pertanyaanya apakah berbeda menggunakan AC dan kipas angin? Jawabnya adalah tentu berbeda, AC memiliki system menyaring angin. Jadi dampak yang diakibatkan lebih besar kipas angina disbanding dengan AC.

Oki. Ini lah 7 dampak negative yang disebabkan oleh kipas angin. Pandai-pandailah mengontrol menggunakan kipas angin untuk menjaga kesehatan Anda. Salam sehat Guys.

Komentar

Postingan Populer